Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Transformasi digital suatu proses pemanfaatan TIK untuk membawa perubahan di berbagai aspek kehidupan

[AURABERKAH.INFO] Jakarta - Sebagai warga negara Indonesia maka kecintaan kita kepada negara seharusnya menjadi nomor satu. Kita harus menghormati semua pihak yang membuat dan membanggakan Indonesia. Kita harus menjadi pasukan penjaga kesatuan NKRI dengan menjaga kesatuan dan melawan hoax di digital media. Menurut Anggota Komisi I DPR RI, Muhaimin Iskandar dalam acara Seminar Merajut Nusantara yang diselenggarakan oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, yang bertemakan “Pemanfaatan TIK Sebagai Sarana Mengembangkan Kecakapan Digital”, Jumat (24/03/2023).

Selain itu kata Muhaimin, kritik-kritik terhadap pemerintah itu penting, dengan pemerintah menerima kritik sebagai energi yang membangun. Pengelolaan pemerintah terhadap kritik jangan digunakan sebagai ungkapkan kebencian terhadap negara. Kita harus bisa memberikan kritik yang mencerdaskan bangsa Indonesia. Kita harus menjaga kemerdekaan bangsa dengan semangat persaudaraan, cinta kepada sesama dan tanah air.

Narasumber lainnya, Woro Indah Widiastuti, Wakil Ketua Bidang Komunikasi Advokasi dan Informasi Kwartir Daerah Pramuka DKI Jakarta, memaparkan bahwa revolusi industri 4.0 merupakan latar belakang yang mendasari munculnya digitalisasi, yang merupakan pencapaian yang dihasilkan dari proses industrialusasi yang berkembagn tahap demi tahap. 4 jenis industri yang mendorong terjadinya revolusi industri 4.0 yang telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir yang telah mengubah dunia dan berdampak pada segala aspek kehidupan manusia adalah internet seluler, teknologi cloud, internet of things (IoT), Artificial Intelligence (AI) dan Big data dan advanced analytics dll. Era digital yang ditandai oleh pergeseran besar (big shifting) dari teknologi mekanik dan analog kepada teknologi digital dan terjadinya pergeseran budaya inilah yang disebut transformasi digital. Arti dari transformasi digital adalah suatu proses pemanfaatan teknologi digital untuk membawa perubahan diberbagai aspek kehidupan manusia sehingga kebutuhan dapat segera terpenuhi dengan lebih cepat, mudah dan praktis. Aspek kehidupan manusia akan terpengaruh mulai dari kegiatan bermasyarakat, dunia usaha, dunia pendidikan dan bahkan juga sistem pemerintahan.

Menurutnya sebagai tambahan, terdapat 5 keahlian digital yang harus dimiliki oleh generasi milenial diantaranya mampu mengolah dan memproduksi photo, image dan konten digital, sehingga lebih mudah berkarya dan membuat materi promosi dan konten vital; menguasai digital marketing; menguasai keahlian search engine optimization; memiliki keahlian sosial media marketing; membangun dan mengelola website.

Sementara itu, Ahmad Samsul Rijal, Pegiat Literasi Digital, mengatakan bahwa transformasi digital mengubah cara kerja sampai cara hidup manusia di Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Hal ini dilakukan agar terhindar dari propaganda dimana propaganda sendiri diartikan sebagai upaya sengaja untuk memanipulasi pemikiran dan perbuatan orang lain berkaitan dengan keyakinan, nilai dan perilaku yang oleh orang tersebut dianggap sebagai kontroversial, dengan menggunakan simbol-simbol (kata, gestur, bendera, gambar, monumen, musik dan sebagainya. Dalam sistem kolonialisme, ada taktik eksplorasi isu dalam unjuk eksplorasi masalah perbedaan seperti gerakan isu militerisasi, lembagakan sikap fasisme, egosentris dan memecah belah persatuan. Itulah politik devide et impera dalam rangka melemahkan kesatuan dan menghancurkan persatuan sebuah bangsa.

0 Comments:

Posting Komentar