Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ekonomi digital Indonesia memiliki potensi yang besar dimana prospek usaha mulai tumbuh dengan perkembangan $59 Miliar dengan 8 Unicorn

[AURABERKAH.INFO] Jakarta - Masyarakat sudah berada di dalam digital, berdasarkan laporan menunjukkan bahwa pengguna internet di Indonesia mengalami kenaikan 5% dimana 77% dari jumlah penduduk. Selain itu Shopee menjadi e-commerce utama dengan jumlah kunjungan situs diikuti oleh Tokopedia, Lazada, Blibli dan Bukalapak. Kominfo ditunjuk menjadi government public relations dengan rincian tugas seperti membuat narasi komunikasi publik, dimensi dan edukasi dan kebijakan dan program pemerintah. Dengan peningkatan akses dan penyebaran informasi publik serta pengendalian dan peningkatan kualitas konten informasi dan komunikasi publik. Ekonomi digital Indonesia memiliki potensi yang besar dimana prospek usaha mulai tumbuh dengan perkembangan $59 Miliar dengan 8 Unicorn.

Jumlah UMKM sudah menyampai 65,4 juta dengan menyerap 117 angkatan kerja, berkontribusi sebanyak Rp. 8.573 Trilliun. Untuk itu, langkah pemerintah untuk mendukung UMK  adalah OSS yang ditujukan untuk perizinan tunggal untuk kemudahan UMKM, kemudian sertifikasi Halal, Digit (Digital Kredit UMKM), Pasar Digital (PaDi) UMKM, Dana BErgulir LPDB-KUMKM - e-katalog LKPP. Hal lain yang dilakukan pemerintah adalah Gerakan Bangga Buatan Indonesia.

Menurut Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, kemenkominfo, Septiani Tangkari, dalam acara Webinar Gen Posting yang diselenggarakan Ditjen IKP Kominfo bekerja sama dengan Komisi I DPR RI, yang bertemakan UMKM Naik Kelas: "Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Untuk Pengembangan Usaha UMKM, Rabu (25/10/2023).

Selanjutnya Anggota Komisi I DPR RI, H. Subarna menegaskan bahwa UMKM merupakan sektor yang paling banyak menyumbang ke pembangunan. Salah satu hal positif yang dari UMKM adalah penyerapan tenaga kerja dimana hal ini seharusnya bisa menggunakan dan memanfaatkan TIK dengan jaringan komunikasi dimana penguasaan pasar digunakan sebagai peningkatan daya saing. TIK merupakan bentuk teknologi yang bisa digunakan menyimpan dan mengubah segala bentuknya. Hal ini digunakan sebagai UMKM bisa masuk ke  pasar global. Banyak contoh UMKM yang menjadi perusahaan global karena menggunakan media sosial. Hal ini dikarenakan karena memudahkan konsumen untuk segera mendapatkan barang dari UMKM. Keuntungan UMKM adalah Memudahkan pemasaran pasar UMKM, menghemat waktu dan biaya, meningkatkan produktivitas, pengelolaan tim yang lebih mudah, mempermudah pelayanan.

Narasumber lainnya, Gun Gun Siswadi, Pegiat Literasi Digital, memaparkan bahwa ada cara UMKM naik kelas adalah dengan literasi digital dengan bidang pemasaran dan juga transaksi. UMKM naik kelas artinya adalah meningkatkan kualitas produk dan layanan, meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional, mengembangkan stategi pemasaran yang lebih baik, membangun merek yang kuat, meningkatkan pangsa pasar dengan tujuan adalah untuk mencapai pertumbuhan yang signifikan dan meningkatkan pasar yang lebih. UMKM harus naik kelas dengan tujuan memperluas jaringan pemasaran; merespon perubahan gaji hidup; perubahan cara bertransaksi; meningkatkan pendapatan.

Berikut Cara agar UMKM naik kelas menutut Gun Gun Siswadi pertama dengan cara peningkatan dan pengembangan berkelanjutan, digitalisasi dan perluasan jaringan pasar, akses permodalan, transformasi UMKM menuju Indonesia emas Tahun 2045. Keuntungan UMKM Naik kelas adalah pertama pertumbuhan pendapatan, berkelanjutan usaha, akses ke pasar yang lebih luas, peningkatan citra & kepercayaan, potensi membuka peluang baru. Adapun keterampilan yang harus dikuasai antara lain adalah (1) memahami cara kerja digital (marketplace); (2) pelajari dan pahami perilaku konsumen di era digital (3 masuk ke pasar digital/miliki kota (4) kuasai fitur (5) cobalah untuk praktekan.

Sementara itu Conchita Caroline, Artis, Presenter, Influencer, mengatakan bahwa tujuan utama adanya perkembangan digital, teknologi internet dan komunikasi adalah membuka peluang besar bagi banyak bisnis UMKM dan para pelakunya. Ide awalnya adalah efisiensi waktu. Dengan banyaknya platform online tentu akan lebih mudah, berbagai sekarang ini lebih terarah untuk mengukur arah strategi pemasaran atau desain pemasaran. Manfaat menaikkan kelas UMKM adalah (1) meningkatkan produktivitas (2) cakupan lebih luas (3) pendekatan personal berskala besar. Cara membangun self branding usaha UMKM agar dapat ‘stand out’ di tengah gerakan go digital adalah konsistensi dan komunikasi dengan pembeli. Peran teknologi komunikasi adalah dengan endorsement dan collaboration. Untuk  mencari endorsement adalah dengan mencari produk yang tepat dengan audience nya. Solusi untuk mengatasi bisnis UMKM adalah memiliki kecakapan digital sehingga harus membekali diri sebanyak-banyaknya dengan pemahaman digital. Mempelajari proses kerja dilakukan melalui (1) mempelajari sistem kerja ruang digital untuk anda (2) memperbaiki self branding yang tepat dan terarah (3) Membangun kepercayaan (4) Memastikan mutu dan kualitas produk usaha (5) Terus mengusung produk baru sehingga bisa menaikan usaha anda.

0 Comments:

Posting Komentar