Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Hasbi Anshory: Transformasi digital bukan hanya tentang teknologi

[AURABERKAH.INFO] Jakarta - Dampak teknologi digital melalui internet dan cloud membawa paradigma baru di semua industri. Internet menciptakan ekonomi tanpa batas dan seluruh pikiran baru dan hasil di era informasi berubah menjadi era usia konseptual. Pada era industri 4.0 yang merupakan era digital menitik beratkan serta globalisasi yang semakin menghilangkan batasan teritorial antara negara dan batasan-batasan teritorial antara negara. Transformasi digital bukan hanya tentang teknologi.

Menurut Anggota Komisi I DPR RI, Hasbi Anshory dalam acara Ngobrol Bareng Legislator yang bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang bertema “Transformasi Digital dan Implementasinya”, Rabu (15/02/2023).

Selain itu kata Hasbi, demi transformasi digital yang sukses, Indonesia telah melakukan perancang roadmap digital 2021-2024 yang terdiri dari empat elemen, yaitu infrastruktur digital, manajemen digital dan ekonomi digital. Keempatnya menjadi pedoman transformasi digital negara. Mengembangkan infrastruktur keras untuk membangun konektivitas digital dan mempersiapkan lembaga dan kebijakan/perundang-undangan yang mendukung. Mengembangkan infrastruktur lunak untuk membangun kapasitas digital.

Narasumber lainnya, Akademisi, Yesi Elfisa, memaparkan siswa disebut juga sebagai digital native karena mereka sangat akrab dengan dunia digital apalagi setelah masa pandemi. Hal ini berimbas dengan gaya anak belajar atau menyerap hal-hal baru. Perubahan tersebut adalah anak menjadi sangat kritis terutama dalam berpendapat. Selain itu, anak juga menyukai perkembangan inovasi dan teknologi. Anak menjadi lebih banyak ketika tidak ada wifi. Anak juga tidak suka aturan yang kaku, lebih fleksibel dan arah pelajarn dua arah. Anak sangat menyukai kolaborasi daripada interupsi.

Sementara, Pegiat Literasi Sosial, Rinda Amalia, mengatakan transformasi digital adalah suatu proses yang diterapkan organisasi untuk mengintegrasikan teknologi digital di semua area bisnis, dengan secara mendasar mengubah cara teknologi digital di semua area bisnis, dengan secara mendasar mengubah cara organisasi untuk memberikan nilai kepada pelanggan. Perusahaan mengadopsi teknologi digital inovatif untuk membuat perubahan budaya dan operasional yang beradaptasi lebih baik dengan perubahan permintaan pelanggan. Transformasi digital penting karena menjelaskan implementasi teknologi, talenta dan proses baru agar tetap dapat bersaing di lanskap teknologi yang selalu berubah.

0 Comments:

Posting Komentar