Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Selalu menjaga etika dalam bersosialisasi di media sosial harus memperhatikan etika, jaga etika sebaik mungkin

[AURABERKAH.INFO] Jakarta - Keamanan digital adalah suatu bentuk konsep dan upaya dalam memberikan perlindungan terhadap aset dan informasi digital yang kita miliki. Untuk itu, seiring tingginya intensitas penggunaan internet, keamanan digital sering kali diabaikan, sehingga orang yang tidak bertanggung jawab sebagai pengguna internet akan memiliki celah terhadap keamanan digital yang kita miliki, dan ini akan sangat berbahaya dan berdampak pada cyberbullying, manipulasi hingga pencurian data.

Menurut Anggota Komisi I DPR RI, H. Subarna, dalam acara Seminar Merajut Nusantara yang diselenggarakan oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, yang bertemakan “Cakap Bermedia Digital” Rabu (31/5/2023).

Selain itu menurutnya ada beberapa tips menggunakan media sosial yang baik dan bijak diantaranya adalah Tidak share informasi pribadi artinya kita harus berhati-hati dalam memberikan informasi pribadi; Jangan sampai informasi ini disalahgunakan oleh pihak yang bertanggung jawab; Jaga akun kita/inner circle kita artinya periksa kembali teman atau follower di media sosial, sebaiknya kita jangan menerima pertemanan dari orang yang tidak kita kenal; Selalu menjaga etika artinya bersosialisasi di media sosial harus memperhatikan etika, jaga etika sebaik mungkin, ingat apa yang kita tulis atau apa yang kita bagikan itu akan dikaitkan dengan citra diri kita; No sara dan No hoax artinya konten yang kita berikan tidak mengandung unsur sara yang berdasarkan sentiment yang meliputi suku, agama, ras dan antar golongan. Sedangkan hoax adalah pemberitaan palsu yang tidak benar tetapi dibuat seolah benar.

Narasumber lainnya, Gun Gun Siswadi, Pegiat Literasi Digital, memaparkan Tantangan literasi digital antara lain adalah terjadinya banjir informasi, banyak masyarakat mengkonsumsi konten hoax, pornografi, radikalisme, perjudian, sara, penipuan dan sebagainya. Yang terakhir adalah menggunakan media sosial yang artinya membuat penggunanya menjadi tidak produktif karena digunakan untuk hal yang tidak bermanfaat.

Selain itu menurutnya ada beberapa etika dalam bermedia sosial yang harus dilakukan oleh para pengguna sosial media diantaranya Jangan menyindir, menghina, melecehkan atau menyerang pribadi seseorang atau orang lain; Jangan sombong, angkuh, sok tahu, sok hebat, merasa paling benar, egois, berkata kasar dan hal-hal buruk lainnya yang tidak bisa diterima orang; Jangan mengekspos hal-hal yang bersifat pribadi, keluarga dan sejenisnya yang bisa membuat peluang orang tidak bertanggung jawab memanfaatkan hal itu; Jangan turut menyebarkan suatu berita/informasi yang tidak logis dan belum pasti kebenarannya, karena bisa jadi berita/informasi itu adalah berita bohong (hoax); Sampaikan saran/kritik dengan personal message. Jangan lakukan di depan forum karena dapat membuat tersinggung atau rendah diri orang yang dikritik; Jangan pernah memberikan nomor telepon, alamat email atau informasi yang bersifat pribadi lainnya memiliki teman kepada pihak lain tanpa persetujuan teman itu sendiri.

Sementara itu, Fanti Wahyu Nurvita, Pelaku Usaha, mengatakan Media digital adalah media yang dikodekan dalam format dan dapat dibaca oleh mesin. Dengan kata lain media dapat diartikan sebagai wadah yang dapat menampung data dalam bentuk angka atau digit. Konsep media digital adalah biner, yaitu o dan 1 dengan menggunakan gelombang diskrit.

Selain itu menurutnya manfaat media digital antara lain adalah Lebih menghemat waktu, karena dalam mencari suatu informasi menjadi lebih mudah dan efektif untuk dilakukan; Belajar menjadi lebih cepat, dalam kejadian ini bisa ditemukan ketika seorang pelajar ingin mengakses pembelajaran/mengulang pembelajaran yang diajarkan di sekolah dengan membuka platform media pembelajaran yang tersebar di internet; Dapat menghemat uang seperti penerapan yang dilakukan oleh sebagai masyarakat lebih membeli kebutuhan makan-minum dsb menggunakan layanan transportasi online; Mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai bagian dari masyarakat informasi dunia; Mengembangkan perdagangan dan informasi nasional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat; Meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan publik

Dengan demikian, internet telah berperan besar dalam mengubah gaya hidup seperti manusia menjadi individual dan anti sosial, hidup di dunianya sendiri dan sulit membedakan kehidupan nyata dan maya.

0 Comments:

Posting Komentar