Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Pemindahan Ibu Kota ke IKN diharap berdampak positif dan signifikan bagi masyarakat

[AURABERKAH.INFO] Jakarta - IKN adalah salah satu proyek strategis nasional yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia. Dan rencananya akan diresmikan tanggal 17 Agustus 2024 nanti.

Menurut Anggota DPR RI Dapil Jambi, H. A. Bakri, dalam acara Webinar Creative Talk Pojok Literasi yang diselenggarakan oleh Ditjen IKP Kemkominfo bekerja sama dengan DPR RI, yang bertemakan "IKN (Ibu Kota Nusantara)” Kamis (25/04/2024).


Selain itu menurutnya, alasan pemindahan ke IKN adalah untuk menyeimbangkan distribusi ekonomi dan populasi yang tadinya fokus hanya di Jawa. Nantinya Jakarta akan dijadikan pusat bisnis, pariwisata dan ekonomi. Sedangkan IKN dijadikan pusat administrasi negara, ujarnya.


Pemindahan ke IKN diharap berdampak positif dan signifikan bagi masyarakat, dari peningkatan kesejahteraan hingga keseimbangan ekonomi dan infrastruktur, jelasnya.


Narasumber lainnya Wawan Puji Siswanto memaparkan bahwa, lebih banyak menceritakan pengalamannya sebagai tenaga ahli bangunan dan konten kreator di bidang infrastruktur. Dan saat ini kebetulan sedang menangani proyek di IKN. Menurutnya, masyarakat IKN itu multikultur dan ramah kepada para pendatang.


Setiap pembangunan selalu diiringi dampak positif maupun negatif. Serta pro kontra. Sesuatu yang wajar dalam kehidupan berbangsa. Pilihannya adalah melihat dari kacamata lebah, atau dari kacamata lalat, jelasnya


Selain itu Sri Haryo Pamungkas menjelaskan bahwa, IKN memunculkan banyak diskusi diruang online maupun offline dengan topik beragam, dari isu ekonomi budaya lingkungan hingga anak muda, dimana generasi muda terbelah dalam melihat keberhasilan proyek IKN.


Tantangannya pun beragam, dimulai dari perlunya investasi, peningkatan persaingan global, hingga inklusi digital yang harus merata.


Selain menciptakan lapangan  kerja baru, IKN juga meningkatkan kualitas hidup, juga memperkuat kolaborasi lintas sektor dan disiplin ilmu, jelasnya.

0 Comments:

Posting Komentar