Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Hasbi Anshory: Era digital perusahaan akan fokus pemanfaatan teknologi dan pemaksimalan data untuk mencapai tujuannya

[AURABERKAH.INFO] Jakarta - Keniscayaan yang pasti bagi kehidupan segala makhluk adalah perubahan. Perubahan tidak hanya mengenai materi atau sesuatu yang bersifat kebendaan. Perubahan juga mengenai cara mempertahanakan hidup, perubahan cara berfikir, bertingkah laku dan perubahan dalam memperoleh kebahagiaan. Perubahan inilah yang membentuk kebudayaan dan peradaban manusia. Menurut Anggota Komisi I DPR RI, Hasbi Anshory dalam acara Ngobrol Bareng Legislator yang bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang bertema “Tren Pekerjaan Di Dunia Digital”, Senin (27/02/2023).

“Perubahan dalam sejarah kehidupan manusia senantiasa dipicu oleh penemuan-penemuan penting yang mempengaruhi cara manusia hidup dan berproduksi. Penemuan penting ini menjadi penanda dari perubahan mendasar yang dikenal dengan revolusi industry”, kata Hasbi.

Selain itu kata dia, Era digital telah mendorong perubahan terhadap tren permintaan pekerjaan. Perusahaan akan fokus mengedepankan pemanfaatan teknologi dan kecenderungan pemaksimalan data untuk mencapai tujuannya. Kesimpulan tersebut terangkum dalam laporan World Economic Forum bertajuk The Future of Jobs Reports 2020. Laporan tersebut menyoroti tren pekerjaan masa depan. Pada tahun 2020 secara khusus terjadi pergeseran ke arah digital di seluruh dunia.

Narasumber lainnya, Sri Yulia Sari, Akademisi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, memaparkan bahwa era digital adalah suatu kondisi zaman dimana seluruh kegiatan yang mendukung kehidupan dapat dipermudah dengan adanya teknologi yang serba canggih. Era digital mempunyai karakteristik yaitu diantaranya penggunaan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan, masyarakat memiliki kebutuhan yang tinggi terhadap informasi, memiliki kebutuhan tenaga kerja di bidang informasi dan komunikasi, perubahan pola interaksi dari secara langsung menjadi tidak langsung, terhubung dengan lokasi, berefek pada pengorganisasian ruang dan waktu.

Sementara itu, Pakar Hukum, Auliya Khasanofa, mengatakan dampak era digitalisasi pada bisnis dan pekerjaan, toko konvensional yang ada mulai tergantikan dengan model bisnis marketplace, taksi atau ojek Tradisional mulai tergantikan dengan moda-moda berbasis online. Saat ini berbagai macam kebutuhan manusia telah banyak menerapkan dukungan internet dan dunia digital sebagai wahana interaksi dan transaksi. Digitalisasi telah mengubah tren dan perilaku masyarakat, termasuk profesi pekerjaan. Digitalisasi membuka lapangan dan peluang pekerjaan baru. Kemajuan teknologi informasi menawarkan berbagai kenyamanan dalam menghasilkan pendapatan di Dunia Digital. Sekarang ini trend pekerjaan telah bergeser. Pekerjaan tidak lagi dokter atau polisi. Ada banyak Pekerjaan Dunia Digital yang menjadi peluang di dunia pekerjaan.

 

 

 

0 Comments:

Posting Komentar