Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Hasbi Anshory: Indonesia akan lebih banyak pekerjaan yang tercipta daripada yang hilang menuju tahun 2030 mendatang

[AURABERKAH.INFO] Jakarta - Indonesia memiliki keistimewaan tersendiri sebab akan lebih banyak pekerjaan yang tercipta daripada yang hilang menuju tahun 2030 mendatang. Hasil riset McKinsey memperkirakan bahwa permintaan bahwa permintaan tenaga kerja yang memiliki keterampilan khusus naik 113 juta pada tahun 2030.

Menurut Anggota Komisi I DPR RI, Hasbi Anshory dalam acara Ngobrol Bareng Legislator yang bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang bertema “Menyiapkan Talenta Digital”, Sabtu (25/02/2023).

Selain itu kata Hasbi, Talenta digital Indonesia dikembangkan dalam tiga level. Pertama literasi digital bertujuan meningkatkan kemampuan dasar digital masyarakat agar mereka tidak terpengaruh konten negatif. Diwujudkan dalam Gerakan Nasional Literasi Digital GNLD siberkreasi dengan jumlah peserta sebanyak 2,4 juta pertahun. Yang kedua adalah digital talent scholarship yang terdiri dari sekitar 103 tema di antara big data analytic, keamanan siber, kecerdasan buatan (AI), augmented reality (AR) dan Virtual Reality (VR). Terakhir digital leadership akademi yaitu pelatihan untuk tingkat mahir seperti pimpinan aparatur sipil negara dan swasta. Revolusi Industri 4.0 adalah keniscayaan zaman yang terus bergerak. Menyiapkan diri akan kebutuhan dan tantangan yang dihadapi adalah kunci keberhasilan.

“Dalam kerangka itulah menimbulkan kerangka digital Indonesia menjadi tugas sejarah yang mesti dipikul oleh segenap elemen bangsa. Terutama pemerintah dan DPR RI mesti bahu membahu dalam mewujudkan target talenta digital yang dibutuhkan dengan program dan politik anggaran yang tepat, efektif dan efisien, demi Indonesia yang sejahtera dan kompetitif”, kata Hasbi.

Narasumber lainnya, Moh. Arief Rakhman, Akademisi JISIPOL Universitas Jambi, memaparkan literasi digital adalah kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk menemukan, mengevaluasi, memanfaatkan, membuat dan mengkomunikasikan konten atau informasi dengan kecakapan kognitif maupun teknikal. Prinsip dasar dalam literasi digital ada beberapa prinsip yaitu pemaham, saling ketergantungan, faktor sosial dan kurasi. Transformasi digital merupakan optimalisasi pemanfaatan teknologi informatika dengan penggunaan teknologi baru. Integrasi menyeluruh dalam transformasi digital seperti teknologi digital dimana integrasi menyeluruh seluruh sektor ekonomi dan sosial. Policies yaitu penggunaan teknologi digital dalam pelayanan publik, dan pengembangan internet of things yaitu pengembangan industri digital dimana transformasi digital juga akan membuka peluang baru bagi negara untuk mengembangkan industri digital yang mampu bersaing di tingkat global seperti e-commerce, fintech dan industri game.

Sementara itu Tubagus Haryo Karbyanto, Pengurus Harian YLKI, mengatakan bahwa pembahasan mengenai hak konsumen di dalam UUPK No, 8 Tahun 1999 Pasal 4 menyebutkan; Hak atas kenyamanan, keamanan dan keselamatan; Hak untuk memilih barang dan/atau jasa; Hak atas informasi yang benar, jelas dan jujur; Hak untuk didengar pendapat dan keluhan; Hak untuk mendapatkan advokasi; Hak untuk mendapatkan pembinaan dan pendidikan konsumen; Hak untuk diperlakukan atau dilayani secara adil dan tidak diskriminatif; Hak untuk mendapatkan kompensasi dan ganti rugi apabila barang yang diterima tidak sesuai; Hak-hak yang diatur dalam ketentuan peraturan perundangan-perundangan yang lainnya.

 

 

0 Comments:

Posting Komentar