Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Hasbi Anshory: Media elektronik baru telah secara radikal mengubah cara manusia berpikir

[AURABERKAH.INFO] Jakarta - Berdasarkan KBBI komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud bisa dipahami.

Menurut Anggota Komisi I DPR RI, Hasbi Anshory dalam acara Ngobrol Bareng Legislator yang bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang bertema “Komunikasi Di Media Digital”, Kamis (23/02/2023).

Asal mula kata komunikasi berasal dari bahasa latin communicatus artinya berbagi atau menjadi milik bersama, mengacu pada upaya yang bertujuan untuk mencapai kebersamaan”, kata Hasbi.

Selain itu kata dia, Komunikasi digital secara sederhana dapat dikatakan sebagai proses penyampaian pesan atau informasi dari komunikator kepada komunikan menggunakan media digital. Secara praktis, komunikasi digital merupakan proses komunikasi yang didominasi oleh komunikasi tertulis, mulai dari SMS, email, Whatsapp, Facebook dan lainnya. Jenis komunikasi ini disebut juga dengan pola komunikasi online. Komunikasi yang berbasis personal komputer untuk mengirim serta mendapatkan pesan atau bertukar fakta lewat plafon. Media elektronik baru telah secara radikal mengubah cara manusia berpikir, merasa dan bertindak dimana kita sedang berada di tengah-tengah sebuah revolusi dan juga kita harus segera memahami bahwa dunia tidak akan pernah sama lagi.

Narasumber lainnya, Aris Dwi Nugraha, Akademisi Sultan Thaha Saifuddin memaparkan bahwa kondisi komunikasi viral keberadaannya akan membuat pengguna nya menghemat waktu, menghemat biaya dan meningkatkan fleksibilitas dan produktivitas. Sedang kekurangannya adalah masalah teknis seperti software dan teknologi yang digunakan, resiko miskomunikasi dan mengurangi komunikasi verbal. Tulisan adalah bahasa yang menjelaskan tentang diri kita sehingga kita perlu melatih pengendalian emosi untuk membuat tulisan yang baik. Untuk itu cobalah untuk berkomunikasi di media sosial dengan berkesadaran. Tujuannya agar kita terhindar dari kerusakan yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Sementara itu, Pakar Komunikasi, Dwi Kartikawati mengatakan, proses akibat perubahan komunikasi digital tersebut di era informasi tidak lantas menghilangkan komunikasi analog. Komunikasi analog merupakan pertukaran pesan dan makna antara komunikator dan komunikasi secara langsung tanpa melalui media. Komunikasi berubah menjadi digital dengan segala konsekuensi dengan memanfaatkan media sosial. Setiap individu memerlukan suatu wadah dan atribut untuk dapat memainkan suatu peran yang sudah disiapkan. Media sosial sebagai wadah atau media untuk menciptakan kreativitas, menuangkan ide dan pikiran dalam sebuah isi media atau konten yang diunggah di media sosial dan dapat dinikmati. Tantangan kita yang muncul sebagai efek dari presentasi diri di media sosial. Untuk itu, mencoba untuk mengarahkan perhatian orang lain dibantu fitur, fungsi dan algoritma platform media dengan jaga nama kita, kredibilitas, integritas dan jejak digital kita. Tetap berperilaku etis dalam era komunikasi digital.

 

0 Comments:

Posting Komentar