Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Pariwisata memiliki potensi ekonomi selama 5 tahun terakhir telah membuktikan dengan cepat berkembang dan melesat melebihi sektor lainnya

[AURABERKAH.INFO] Jakarta - Dengan munculnya internet menuju level baru termasuk di dalam sektor pariwisata, dimana pemasaran wisata melalui internet disebut dengan digital pariwisata.

Menurut Anggota Komisi I DPR RI, H. Subarna, dalam acara Webinar Gen Posting yang diselenggarakan oleh Ditjen IKP Kominfo bekerja sama dengan Komisi I DPR RI, yang bertemakan "Digital Marketing Destinasi Pariwisata" Jumat (12/01/2024).


Selain itu menurutnya, program pariwisata 4.0 muncul karena distribusi pariwisata di tingkat dunia. Sebagai contoh adalah negara Spanyol yang terlihat di tahun 2011 menjadi no 1 di Pariwisata Internasional. Dimana sektor pariwisata tersebut menjadi lebih cerdas. Pariwisata memiliki potensi ekonomi selama 5 tahun terakhir telah membuktikan jika sektor parwisata dengan cepat berkembang dan melesat melebihi sektor lainnya, ujarnya.


Kontribusi pada PDB meningkat 0,30 point peningkatan ini didorong oleh meningkatkan wisatawan mancanegara, dalam negeri dan industri. Sektor pariwisata juga memiliki kelemahan terutama ketika terjadi dampak covid yang terkena dampak paling parah dalam covid 19 dimana wisatawan mancanegara turun 16% dan semakin menurun. 


Sektor pariwisata Indonesia mengalami kerugian 51,8 Triliun dalam setahun. Potensi wilayah di Jawa Barat yang terdiri dari wisata alam, sejarah dan kuliner menjadi program yang terus digalakan di Jawa Barat, lebih lanjut sektor pariwisata di Jawa Barat lebih alami dan tidak banyak yang dikembangkan. Peningkatan wisata di Jawa Barat adalah kekayaan alam yang masih alami, infrastruktur pembangunan sudah cukup bagus, infrastruktur komunikasi, adaptasi teknologi harus ditingkatkan lebih serius, SDM pariwisata juga harus ditingkatkan, jelasnya.


Narasumber lainnya, Conchita Caroline, Artis, Influencer, Presenter, memaparkan bahwa, pandemi covid-19 menjadi mimpi buruk bagi seluruh sektor industri terutama pariwisata Indonesia. Untungnya, perkembangan teknologi menjadi angin segar bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk bisa bertahan dan berkembang di tengah pandemi. Strategi pemasaran digital adalah pemasaran produk berupa barang dan jasa menggunakan media atau teknologi berbasis digital. Penggunaan media digital sudah mampu menjangkau target pasar yang lebih luas. Isi atau konten tidak jauh berbeda namun yang menjadi berbeda adalah kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan calon konsumen, ujarnya.


Selain itu, digital tourism secara tidak langsung membuat masyarakat semakin melek dan turut beradaptasi dalam perkembangan teknologi. Hal ini bukan hal yang sulit, karena gaya hidup masyarakat kini cenderung cepat dan bersentuhan langsung dengan internet. Tren pariwisata sudah mulai bergeser ke arah digital. Salah satu buktinya terlihat dari aktivitas wisatawan yang mulai merencanakan perjalan, pre-on-post journey, hampir seluruhnya dilakukan secara digital.


Penerapan strategi digital tourism adalah pilihan yang tepat untuk menggaet wisatawan mancanegara dan membantu memulihkan ekonomi mancanegara. Strategi pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif harus dibarengi dengan menerapkan strategi yang tepat dengan mengoptimalkan fungsi platform media sosial, kemudahan akses wisata menuju lokasi wisata tersebut, menjalin kemitraan karena sektor pariwisata tidak bisa berjalan sendiri. Keunggulan digital tourism antara menjangkau target pasar yang lebih luas, mendorong antusiasme publik tentang suatu destinasi, lebih hemat. Keberhasilan digital pariwisata dengan perkembangan teknologi tetaplah tidak luput dari peranan kerjasama gotong royong berbagai elemen seperti perencanaan pemerintah, perilaku industri, destinasi dan produk lokal, jelasnya.


Selain itu, Yudi Syahrial, Ketua Tim Informasi Komunikasi Maritim, mengatakan bahwa,kunci utama ekonomi kreatif dan pariwisata adalah memenuhi kolaborasi yang baik, kemampuan ini mulai diterapkan dengan digital tourism. Cara ini dipercaya sebagai salah satu cara terbaik untuk melakukan promosi karena bisa meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia.


Hal ini menjadi loncatan yang besar karena membuat masyarakat semakin melek digital dan beradaptasi untuk berkembang teknologi. Karena masyarakat sekarang ini cenderung cepat dan bersentuhan dengan internet. Dewasa ini, digital marketing menjadi cara terbaik untuk memulihkan perekonomian. Selain itu, pemerintah berusaha untuk membangun infrastruktur terutama di kawasan andalan pariwisata juga termasuk layanan internet. Pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreaatif harus juga dimbangi dengan perkemabngan di sektor akadamesi dengna cara pengembangan sektor-sektor digital saat ini. Membuat tempat wisata yang instagrame dan mempermudah akses ke tempat wisata. Pariwisata ini penting diperuntuhakan agar mampu bersaing secra lokal dan internasional, jelasnya.

0 Comments:

Posting Komentar